Calon Presiden Masa Depan dari PAUD Sanggar Fortune

VN:F [1.9.20_1166]
Please rate this article
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)

Fahira Idris Berbagi Tips Parenting untuk Ibu

Antusiasme meriah langsung ditunjukkan oleh anak-anak di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sanggar Fortune begitu tamu istimewa mereka datang. Ya, pagi tanggal 18 Februari 2013 lalu itu, bukan cuma warga (karyawan Fortune Group) yang berkunjung, tapi juga pengusaha sekaligus aktivis sosial Fahira Idris. Fahira juga bukan datang untuk mengajar, seperti yang biasa dilakukan warga untuk anak-anak di PAUD. Pada kesempatan itu, Fahira berbagi tips bijak mengasuh anak kepada ibu-ibu yang ada di sana!

Mengundang Fahira untuk berbagi tips parenting tentu bukan tanpa alasan. Menurut kepala PAUD Sarwandi, sejumlah ibu di sana sering dijumpainya memperlakukan anak-anak dengan cara yang kurang bijak. “Pernah ada anak yang tidak sengaja jatuh, tapi malah dimarahi oleh ibunya. Karena itu, kami butuh bantuan Fortune untuk tidak hanya mendidik anak-anak, tapi juga ibu atau bahkan ayah-ayah mereka,” jelasnya.

Bagi yang belum pernah mendengar namanya, Fahira Idris adalah pengusaha muda di bidang florist serta pemimpin beberapa perusahaan lain. Sosoknya juga banyak dikenal sebagai ketua dari sejumlah yayasan dan berbagai gerakan sosial. Di jagat Twitter, namanya cukup dipandang karena termasuk tokoh yang berpengaruh dan berani bersuara.

Di sesi sharing tersebut, Fahira yang juga tampak antusias itu membagikan beberapa kiat. Sebagai orang tua, hal pertama yang harus diperhatikan dalam mengasuh anak adalah sabar. “Ini adalah tantangan yang sangat berat karena bersabar itu sulit sekali. Tapi, sebelum mendidik anak, kita memang harus mau melatih diri kita sendiri lho Bu,” jelas Fahira.

Bersabar, lanjutnya, adalah kunci karena dengan sifat ini terbawa pula hal-hal baik lainnya. Seperti pemaaf dan rasa enggan untuk ‘main tangan’. “Anak-anak jangan dipukul atau dikatain yang jelek-jelek ya Bu, supaya mereka nggak tumbuh jadi anak yang minder. Apalagi, anak-anak itu pinter. Mereka bakal ngerekam dan mencontoh semua perilaku kita. Kita semua tentu nggak mau ya Bu anak-anak kita nanti jadi orang yang pendendam dan hobi memukul,” ujar Fahira.

Tips kedua yang dibagikan Fahira adalah memberikan pujian. Anak-anak harus tumbuh dengan pujian agar terbentuk kepercayaan diri. Namun, itu pun harus diiringi dengan penjelasan supaya mereka paham bahwa pujian datang dari hal baik yang mereka lakukan. “Begitu juga dengan teguran atau hukuman. Misalnya, kita bilang ke anak kalau sengaja nggak masakkin makanan kesukaannya karena dia habis berantem sama temennya. Jadi, semuanya harus disertai penjelasan,” tegas Fahira.

Selanjutnya, orang tua juga perlu menerima anak apa adanya. Kenali bakatnya dan dampingi dia agar semakin berkembang. Jangan samakan anak yang satu dengan anak lainnya, juga jangan bandingkan anak dengan kita. Anak bisa hebat dengan caranya sendiri. “Jangan pernah merasa kalau orang hebat itu bermula dari anak yang nilai akademisnya cemerlang. Berikan pemahaman bahwa orang hebat itu orang yang bermanfaat bagi orang lain. Kalau akhlaknya sudah baik, jalan menuju kesuksesan pasti akan terbuka dengan sendirinya. Kalau tips-tips tadi dijalankan, saya yakin akan ada calon presiden dari Sanggar Fortune bertahun-tahun dari sekarang, ” tukas Fahira disambut tepukan tangan dari puluhan ibu yang hadir.

Sebagai penutup, Fahira juga berbagi kiat e-Parenting alias parenting cerdas di generasi internet. Yang terpenting, jelas Fahira, jangan melarang anak untuk menggunakan internet. “Makin dilarang, anak akan semakin penasaran. Karena itu, jangan kedepankan larangan,” pungkas ibu dari dua anak ini.
Sarwandi mengaku acara sahring bersama ini sangat bermanfaat. “Kami sangat berterima kasih karena Fortune dan Ibu Fahira dapat memberikan manfaat yang sangat banyak bagi para orang tua murid dengan menambahkan pengetahuan tentang mendidik anak. Semoga, para orang tua tidak lagi mendidik anak dengan cara keras seperti memukul atau mencubit jika sang anak berbuat salah,” ujarnya.

“Bagi saya, acara ini sangat bermanfaat karena saya jadi tahu bagaimana cara mendidik anak yang baik tanpa harus diperlakukan secara kasar namun tegas. Dan untuk selanjutnya saya akan mempraktikkan apa yang telah diberikan oleh Ibu Fahira kepada kami semua,” tutur Loviena Widy, salah satu orang tua murid PAUD di Sanggar Fortune.

Tips e-Parenting dari Fahira:

  • Lakukan filter atas gadget dan situs-situs yang diakses anak
  • Bekali anak dengan gadget yang sesuai usia mereka
  • Berikan pemahaman yang memadai tentang internet kepada anak melalui aktivitas online bersama anak sejak dini , termasuk cerita berbahaya di dunia maya
  • Ajari anak dalam memilih teman di social media
  • Berikan batasan jam dan area online
  • Untuk menghindari jiwa antisosial, anak-anak juga perlu diberikan kesibukan yang terprogram, seperti les, kursus, atau kegiatan-kegiatan sosial lainnya
VN:F [1.9.20_1166]
Please rate this article
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
This entry was posted in Newsroom. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>